Mengenal Lebih Dekat Koloproktologi

Apa itu Koloproktologi

Teman-teman ada yang pernah mendengar kata atau istilah koloproktologi? Agak asing mungkin untuk masyarakat secara umum karena istilah ini terdapat dalam bidang kesehatan. Tapi informasi seputar koloproktologi ini penting juga untuk kita dalam memahami dunia kesehatan yang mungkin saja berhubungan dengan kesehatan tubuh kita atau orang-orang terdekat dengan kita.

Apa itu Koloproktologi?

Koloptropologi adalah istilah dalam bidang kesehatan atau kedokteran yang bermakna pembelajaran, diagnosis, dan juga pengelolaan gangguan kolorektal, seperti masalah yang berhubungan dengan usus besar, anus, dan rektum. Spesialis bedah koloproktologi pada umumnya dikenal dengan istilah bedah kolorektal, diagnosis, menangani pemeriksaan, dan pengobatan semua penyakit kolorektal, seperti masalah dengan usus besar, usus buntu, rektum, dan saluran pencernaan.

Dokter yang praktik di koloproktologi pada umumnya menangani masalah yang berhubungan dengan pembedahan dengan identifikasi dan pengobatan pada bagian usus besar, anus, dan rektum. Salah satu yang terkenal di Indonesia tentang penyakit yang berhubungan dengan koloptropologi ini adalah wasir atau fisura. Wasir sendiri diobati secara medis oleh dokter bedah melalui proses pembedahan jika memang membutuhkan intervensi atau tindakan bedah dari dokter.

Contoh-contoh Penyakit yang Ditindak dengan Bedah Koloproktologi

Selain wasir, ada beberapa jenis penyakit lain yang pada beberapa tingkatan penyakitnya harus ditindak dengan bedah koloproktologi yaitu penyakit-penyakit yang berhubungan dengan usus besar, usus kecil, rektum, dan anus. Beberapa contoh penyakit tersebut antara lain:

  1. Kondiloma Anus yang merupakan penyakit menular seksual atau dikenal dengan PMS. Indikasinya berupa benjolan di dalam atau di sekitar anus
  2. Fisura Ani, adalah penyakit berupa robekan kecil pada bagian lapisan lendir yang terdapat pada lapisan pembukaan anal
  3. Fistula Ani, penyakit berupa bentuk terowongan yang tidak semestinya antara kelenjar, anal yang mengalami peradangan, dan bagian bawah kulit tubuh kita
  4. Kanker Anus yang terdapat pada saluran anus
  5. Hemoroid, berupa penyakit yang berindikasi pembengkakan pada pembuluh darah di dalam anus atau bagian bawah rektum

Kongres dengan Tema Pembahasan Koloproktologi

Hal-hal yang berhubungan dengan koloproktologi terus menjadi isu yang selalu diperhatikan oleh para ahli di bidangnya. Bahkan hadir kongres yang membahas tentang koloproktologi secara intens untuk membahas koloproktologi secara ilmiah dalam skala internasional.

kongres koloproktologi

Salah satu kongres yang membahas koloproktologi ini adalah Kongres Koloproktologi Amerika Latin XXVIII yang diselenggarakan pada tahun 2023  di Chili. Pada kongres koloproktologi yang diketua oleh Dr. Gunther Bocic Alvarez ini banyak bahasan penting yang dijadikan topik utama kongres seperti masalah yang berhubungan dengan:

  • Kanker usus besar
  • Patologi 
  • penyakit radang
  • Peritoneum dan kemoterapi
  • Kanker anus
  • Robotika dan sains

Dalam Kongres ini panitia juga mengundang para ahli di bidangnya dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Swiss, Meksiko, Spanyol, Italia, dan Australia.

Teman-teman yang ingin mengetahui informasi tentang kongres koloproktologi Amerika Latin XXVII ini bisa mengunjungi website resminya di alacpchile2023.com sebagai bahan informasi dan juga referensi tentang koloproktologi.

Semoga dengan informasi artikel ini teman-teman memiliki gambaran seperti apa itu koloproktologi dan juga contoh kongres internasional yang diadakan oleh para ahli di bidangnya yang membahas koloproktologi yang mudah-mudahan dapat bermanfaat sebagai bahan rujukan informasi yang dibutuhkan seputar koloproktologi. 

Posting Komentar