Kiprah PAFI Dalam Mendukung Sistem Kesehatan Nasional

Peran PAFI

Masalah kesehatan di Indonesia adalah masalah yang termasuk ke dalam sektor yang lumayan complicated. Untuk itu perlu kerja sama semua pihak terkait untuk menyelesaikan masalah ini secara bersama-sama agar dapat tuntas secara bertahap menuju Indonesia yang sehat.

PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia termasuk organisasi yang tentunya ada dalam barisan untuk mendukung sistem kesehatan Indonesia menjadi lebih baik. Sebagai organisasi profesi ahli farmasi, PAFI bertekad untuk menjadi support system terbaik dan bersinergi dengan semua pihak untuk Indonesia yang sehat.

Mengenal Lebih Dekat Organisasi PAFI

PAFI adalah organisasi pertama dan tertua tempat bernaungnya para ahli farmasi di Indonesia. PAFI lahir beberapa bulan setelah Indonesia merdeka tepatnya pada 13 Februari 1946.

Adalah sosok Zainal Abidin yang menjadi pemrakarsa berdirinya PAFI ini di Yogyakarta. Dengan gagasan beliau untuk membuat organisasi bagi ahli farmasi pertama di Indonesia ini maka beliau juga dipercaya untuk menjadi ketua PAFI pertama kalinya yang diangkat di Hotel Merdeka Yogyakarta.

Kini PAFI terus eksis dan menjadi bagian dari organisasi yang mendukung sistem kesehatan Indonesia agar terus menjadi lebih baik dengan berbagai program kerja dan sinergi dengan berbagai pihak terkait.

Perkembangan PAFI Dalam Mendukung Sistem Kesehatan di Indonesia

Dalam usia lebih dar setengah abad PAFI tetap hadir dan memberikan banyak kontribusi dalam sistem kesehatan di Indonesia. hal ini selaras dengan visi misi PAFI sendiri yang salah satunya adalah mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.

Beberapa program kerja PAFI dalam hal dukungan untuk sistem kesehatan nasional antara lain:

1. Menjadi Media Informasi dan Solusi Seputar Farmasi bagi Masyarakat

HALO PAFI

PAFI menghadirkan program HALO PAFI sebagai media informasi dan solusi seputar farmasi bagi masyarakat Indonesia. HALO PAFI adalah call center yang berfungsi dalam beberapa hal, seperti:

  • Layanan pengaduan dan keluhan masyarakat
  • pelayanan informasi obat
  • info lowongan kerja kefarmasian
  • info tenaga teknis kefarmasian

2. Meningkatkan Skill Para Ahli Farmasi

Ahli farmasi yang bergabung dengan organisasi PAFI tidak hanya berorganisasi semata, tetapi lebih dari itu, setiap anggota PAFI akan mendapatkan upgrade ilmu dan pengetahuan dari setiap program kerja PAFI. Contoh program kerja PAFI dalam rangka peningkatan skill para ahli farmasi antara lain:

  • NGOPI atau Ngobrol bareng PAFI. Program ini adalah sharing ilmu dan informasi kefarmasian baik secara online maupun offline 
  • Pelatihan tenaga farmasi untuk meningkatkan kompetensi para ahli farmasi. Contoh program ini adalah webinar nasional pembuatan soal peningkatan kompetensi tenaga teknis kefarmasian yang diselenggarakan oleh PAFI

3. Pemerataan Keorganisasian di Seluruh Nusantara

Agar kemanfaatan PAFI dapat dirasakan oleh banyak masyarakat di seluruh Indonesia, maka cabang PAFI hadir hampir merata di seluruh pelosok nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

Beberapa contoh cabang PAFI yang ada di kota-kota di Indonesia antara lain:

  • PAFI Kota Bontosunggu, Sulawesi Selatan yang beralamat di Jalan Perdamaian. PAFI Kota Bontosungu ini bisa kita lihat informasi detailnya di website pafikotabontosunggu.org
  • PAFI Kota Sawah Lunto, berlokasi di Jalan Anas Malik, Kota Sawah Lunto, Sumatera Barat. Untuk dapat menghubungi PAFI Kota Sawah Lunto bisa melalui email admin.pafikotasawahlunto@gmail.com
  • PAFI Kota Muara Enim, Sumatera Selatan. Alamat PAFI Kota Muara Enim ini ada di Jalan Ahmad Yani. Untuk berkomunikasi dengan PAFI Muara Enim bisa menghubungi nomor kontaknya di Telepon: +6285155446327
PAFI

Demikian beberapa informasi tentang kiprah PAFI dalam mendukung sistem kesehatan nasional. Sejatinya kita sebagai masyarakat mendukung setiap gerakan baik untuk menuju Indonesia lebih baik di masa depan, termasuk dalam sektor kesehatan.

Mudah-mudahan derajat kesehatan masyarakat Indonesia bisa optimal dengan hadirnya berbagai elemen terkait yang bersinergi dan bahu membahu, termasuk hadirnya PAFI dengan banyak cabangnya di berbagai daerah yang mempunyai visi dan misi yang sejalan dengan sistem kesehatan Indonesia.

Posting Komentar