Tertarik dengan Jurusan Farmasi? Ini Dia Materi-materi Kuliahnya

kuliah Jurusan Farmasi

Lulusan kuliah jurusan farmasi menjadi salah satu yang banyak ditunggu oleh dunia industri. Mengapa demikian? Hal ini karena lulusan farmasi ini mempunyai skill yang dibutuhkan oleh banyak institusi untuk diberdayakan.

Dengan bagusnya prospek kerja lulusan farmasi maka tak heran jurusan farmasi ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang mempunyai banyak peminatnya sehingga untuk masuk ke jurusan ini lumayan ketat persaingannya.

Untuk teman-teman yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan farmasi, kali ini kita akan menginformasikan materi-materi apa saja yang secara garis besar akan dipelajari di jurusan farmasi. Baca terus sampai selesai, ya.

Materi-materi Kuliah Jurusan Farmasi

Farmasi adalah salah satu cabang ilmu yang masih berhubungan dengan dunia medis. Fokus utama materi yang dipelajari di jurusan farmasi adalah yang berhubungan dengan obat-obatan mulai dari proses pembuatannya sampai interaksi senyawa kimia pada obat tersebut.

Tak hanya tentang obat-obatan, mahasiswa jurusan farmasi juga akan dikenalkan pada materi yang berhubungan dengan skill numerikal dan riset yang baik. Fakta lainnya tentang jurusan farmasi adalah mahasiswanya akan sering berada di laboratorium untuk melaksanakan praktikum.

Selain yang berhubungan dengan obat-obatan, mahasiswa farmasi juga akan mempelajari kemampuan bidang farmasi yang berhubungan dengan makanan, minuman, kosmetik, dan juga suplemen. Lumayan banyak ternyata, ya, garis besar garapan materi untuk mahasiswa farmasi ini.

kuliah farmasi

Menurut informasi dari website farmasi Universitas Indonesia, beberapa mata kuliah yang akan dipelajari oleh para mahasiswa jurusan farmasi antara lain:

  1. Biologi sel dan molekuler
  2. Farmasi Fisika
  3. Imunologi Virulogi
  4. Etika dan Hukum Bidang Kesehatan
  5. Pelayanan kefarmasian
  6. Farmasetika
  7. Farmakognosi
  8. Praktikum farmasi
  9. Komunikasi kesehatan
  10. Pengelolaan bencana

Berapa Jumlah SKS untuk Jurusan Farmasi?

Untuk satuan kredit semester atau SKS jurusan farmasi jumlahnya akan menyesuaikan dengan kebijakan perguruan tinggi masing-masing. Sebagai contoh, di jurusan farmasi Universitas Indonesia jumlah total SKS yang harus ditempuh mahasiswa farmasi adalah 144-149 SKS.

Umumnya total seluruh SKS ini ditempuh mahasiswa selama 8 semester atau 4 tahun. Batas maksimal untuk menyelesaikan seluruh SKS ini adalah 12 SKS atau 6 tahun.

Contoh rincian SKS pada jurusan farmasi adalah

  1. MK Wajib UI: 10 SKS
  2. MK Wajib Rumpun Kesehatan: 15 SKS
  3. MK Wajib Program Studi: 102 SKS
  4. MK Pilihan: 18 SKS

Bergabung dengan PAFI Setelah Lulus Kuliah Farmasi

PAFI

Lulusan farmasi termasuk lulusan yang mempunyai prospek kerja yang lumayan luas mulai dari apoteker, pengawas obat-obatan di lembaga pemerintah, ahli farmasi di bidang industri, farmasis di startup kesehatan, sampai menjadi dosen atau pengajar.

Untuk mengetahui informasi lowongan kerja di bidang farmasi banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah bergabung dengan organisasi profesi ahli farmasi, PAFI. Kiprah PAFI sangat banyak dengan program-program yang memberikan kemanfaatan baik kepada masyarakat maupun kepada anggota PAFI, salah satunya adalah program Halo PAFI.

Halo PAFI adalah call center yang awalnya digagas oleh PAFI cabang Gorontalo. Halo PAFI adalah media informasi dan solusi seputar dunia farmasi. Halo PAFI juga menjadi pusat pengaduan masyarakat, layanan informasi tentang obat-obatan, informasi tenaga teknis kefarmasian, sampai lowongan kerja bidang farmasi.

Salah satu yang dapat kita manfaatkan dalam program Halo PAFI adalah dapat menanyakan informasi seputar lowongan kerja bidang farmasi. jadi teman-teman yang sudah lulus dan bergabung dengan PAFI dapat terus meng-upgrade ilmu pengetahuan, berkomunikasi, berorganisasi, sampai memantau informasi lowongan kerja bidang farmasi. 

Untuk yang sudah lulus kuliah farmasi di setiap daerah Indonesia, jangan khawatir, PAFI ini mempunyai cabang yang banyak sekali tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia. Beberapa contoh cabang PAFI antara lain:

  1. PAFI Anggi yang beralamat di Jalan Distrik Anggi, Kota Anggi, Papua Barat. Teman-teman di Papua Barat dapat melihat informasi lengkap tentang PAFI Kota Anggi di situs pafianggi.org
  2. PAFI Batang Hari yang berlokasi di Jalan Muara Bungo, Kabupaten Batang Hari, Jambi. Untuk menghubungi PAFI Batang Hari ini bisa mengkontak nomor Telepon di: +685717913394
  3. PAFI Kabupaten Magelang dengan alamat Jalan Prajenan 9 Kabupaten Malang, Jawa Tengah. Untuk berkomunikasi dengan PAFI Kabupaten Magelang kita dapat mengirim email ke admin.pafimagelangkab@gmail.com
Demikian informasi yang berhubungan dengan materi-materi kuliah jurusan farmasi, SKS, prospek kerja, dan cara mencari informasi lowongan kerja dengan bergabung bersama PAFI. Mudah-mudahan teman-teman yang berminat kuliah di jurusan farmasi ini dapat terkabul cita-citanya dan dapat menjalankan seluruh proses pembelajaran mata kuliahnya dengan penuh semangat dan semoga setelah lulus bisa bergabung dengan PAFI untuk terus meng-upgrade ilmu pengetahuan, berkomunikasi sesama ahli farmasi, berorganisasi, sampai mencari informasi lowongan pekerjaan di bidang farmasi. Aamiin.

Posting Komentar